Feezaa’s Weblog

7 Tips Tidur Nyenyak

Posted on: Desember 15, 2007

Istirahat yang paling baik setelah melakukan aktivitas seharian adalah tidur

yang cukup. Pemulihan kondisi tubuh menjadi alasan utama pentingnya tidur

bagi seseorang. Namun, tidak jarang orang mengalami gangguan tidur atau

susah tidur. Bahkan, hal terburuk yang terjadi adalah menderita insomnia.

Berbagai sebab, mulai dari pikiran yang mengganggu hingga kebiasaan yang

telah kita jalani membuat beberapa orang susah untuk memejamkan mata.

Seperti dilansir Ambiencr.com, Jumat (14/12/2007), ada beberapa tips supaya

Anda dapat tidur nyenyak dan sehat saat istirahat.

Di bawah ini tujuh tips sederhana yang mungkin membantu Anda mempunyai

tidur malam yang berkualitas.

1. Biasakan tidur dan bangun dengan teratur

Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur, karena kebiasaan atau pola tidur

yang tidak beraturan. Tidak teraturnya jadwal tidur tentu akan berpengaruh

pada kualitas tidur Anda. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala

susah tidur Anda semakin terbuka. Nah, mulai sekarang Anda harus

membiasakan diri untuk memiliki jam tidur dan bangun yang teratur.

2. Hindari konsumsi kafein pada malam hari

Kafein terkandung dalam teh, kopi, dan coklat. Kafein merupakan perangsang

bagi sistem tubuh yang akan membuat Anda selalu terjaga. Oleh karena itu,

untuk mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu sebaiknya Anda hindari

minum kopi pada malam hari.

3. Perhatikan pola makan

Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari Anda

tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat Anda

semakin mudah pergi ke kamar mandi. Namun jika Anda merasa lapar, lebih

baik Anda mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih

membantu Anda tidur nyenyak.

4. Lakukan olahraga rutin

Biasakan Anda melakukan olahraga kurang lebih tiga jam di waktu pagi atau

siang hari. Selain membuat tubuh Anda sehat, juga akan membuat tidur Anda

lebih baik dan nyenyak.

5. Lakukan relaksasi rutin saat jam tidur

Berbagai relaksasi sebagai pengantar tidur Anda akan memudahkan Anda

tertidur. Berbagai aktivitas seperti membaca buku ataupun mendengarkan

musik dapat menjadi hal termudah sebagai pengantar tidur Anda. Selain itu,

situasi kamar baik dari kerapian, ketenangan, pencahayaan yang cukup, busana

tidur yang lembut, dan suhu juga sangat memengaruhi kuantitas maupun

kualitas tidur Anda.

6. Segera keluar kamar tidur saat Anda bangun

Terkadang orang yang sudah terjaga dari tidur akan kembali tertidur jika masih

berkutat di dalam kamar. Perasaan malas tentu bisa menjadi bumerang bagi

Anda, sehingga tak jarang membuat Anda kembali tertidur. Hal itu akan

berakhir buruk jika Anda harus dihadapkan pada deadline waktu yang ada.

7. Bicarakan kondisi Anda dengan dokter atau ahli

Anda yang memiliki masalah dengan tidur Anda, sebaiknya segera melakukan

diskusi atau konsultasi pada dokter atau ahli yang berkompeten. Hal ini sangat

diperlukan untuk membantu menganalisa penyebab Anda mengalami gangguan

tidur. Ingat, gangguan kecil pada tidur Anda dapat berujung buruk bagi

kesehatan Anda selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang merasa mengalami gangguan tidur sekecil apapun harus

lebih berhati-hati. Jangan sampai Anda mengganggap remeh gejala gangguan

tidur yang Anda alami. Tak jarang orang yang mengalami gejala awal susah

tidur harus berakhir menjadi penderita insomnia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

a

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 26,739 hits

USAHA WEB

Laman

%d blogger menyukai ini: